GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Benih Biji Bidara Arab Sidr Obat Ruqyah (Belum Kupas) – 10 Batok

KategoriBenih Herba, Benih Tanaman, Benih Tanaman Pangan, Biji Pohon, Biji Tanaman, Kemasan Non Retail
Di lihat99 kali
Berat(/pcs)0.02 Kg
Harga Rp 10.000

Detail Produk Benih Biji Bidara Arab Sidr Obat Ruqyah (Belum Kupas) – 10 Batok

Benih Bidara Arab Sidr masih memiliki batok (belum dikupas). 1 batok biji bidara biasanya berisi 1-2 biji benih. Benih bidara sebenarnya bisa tumbuh dalam keadaan apapun, baik yang masih memiliki batok ataupun yang sudah dikupas, hanya saja benih bidara yang belum dikupas membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa tumbuh daripada benih yang sudah dikupas.

Bidara Arab (Sidr) termasuk salah satu tanaman yang saat ini paling banyak dicari oleh masyarakat. Bagaimana tidak? Tanaman bidara dipercaya memiliki banyak manfaat, baik digunakan sebagai alat pembersih ataupun sebagai obat dan sayuran. Tanaman bidara dapat ditanam di daerah yang lembab, namun juga tetap dapat bertahan dalam kondisi kering.  Dengan struktur pohon yang kokoh dan akar yang tertanam dengan sangat dalam, membuat tanaman Bidara Arab dapat bertahan pada kondisi yang ekstrim.

Cara Memecahkan Batok Bidara:

  • Rendam batok selama kurang lebih 12 jam lalu jemur selama 3 jam, agar kulitnya lebih rapuh dan dapat dipecahkan secara lebih mudah. Pecahkan batok menggunakan alat yang gepeng, untuk menghindari bijinya hancur saat digeprek. Biji yang pecah atau agak remuk, namun masih bisa disatukan, tetap bisa tumbuh.

Cara Penyemaian Benih Bidara:

  1. Penyemaian dengan batok. Metode ini cocok bagi yang tidak sempat untuk mengupas batok benih bidara.
    Rendam benih yang masih memiliki batok dengan air cucian beras ditambah dengan air bawang merah selama kurang lebih 12 jam. Setelah itu, siapkan media untuk penyemaian (sekam bakar / mentah + humus + pupuk kandang dengan perbandingan 3:1:1). Tanam benih yang sudah direndam sedalam 1 cm. Lakukan penyiraman seperlunya (sekali sehari) tidak perlu terlalu basah, agar jamur tidak mudah tumbuh sehingga mengakibatkan kebusukan. Pertumbuhan akar akan mulai dalam waktu 1 s/d 3 minggu.
  2. Penyemaian biji benih bidara (sudah dikupas).
    Rendam biji bidara selama kurang lebih 12 jam dengan air cucian beras tambahkan air bawang merah. Siapkan media semai berupa kapas basah, simpan kapas basah dalam wadah yang bening, bisa menggunakan toples. Wadah bening ditujukan agar dapat ditembus oleh cahaya. Kemudian tutup toples atau wadah, bisa menggunakan penutupnya atau menggunakan plastik bening dan dieratkan dengan lakban. Jangan membuka penutup wadah sampai 3 hari. Setelah benih berkecambah, bibit sudah bisa dipindahkan ke media tanam (campuran sekam bakar/mentah + humus + pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1).

Catatan:

  • Dijual per paket: 1 paket isi 10 batok, 1 batok bisa berisi 1-2 biji.
  • Kami juga menjual produk yang serupa (Benih Biji Bidara Arab Sidr Sudah Kupas), bisa langsung ditanam tanpa harus repot untuk memecahkan batoknya:
Rp 10.000
Rp 10.000
Rp 10.000
Rp 10.000

Rekening Bank

No rek BCA akan di-SMS bersama total tagihan
No rek Mandiri akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BNI akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BRI akan di-SMS bersama total tagihan

Pengiriman

Temukan Kami di