SMS 082240426123
Khusus WA 082187463088

Email : sales@bibitbunga.com
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Tray Semai (Seedling Tray)

KategoriPot dan Media Tanam
Stok 1000
Kode56B96F160242B
Di lihat849 kali
Berat(/pcs)2.05 Kg
Harga Rp 27.500
Beli Sekarang

tray-semai-seedling

Seedling tray disebut juga tray semai atau baki semai, biasanya dipakai untuk menanam atau pembibitan. Jadi ketika Anda membeli benih tanaman, untuk menyemainya jika tidak mau repot, gunakan seedling tray saja terlebih dahulu.

Seperti yang kita ketahui, perawatan tanaman pada tahap awal (pas masih baby hehe..) akan sangat menentukan kualitas tanaman tersebut ketika sudah dewasa. Bahkan berhasil atau tidaknya tanaman Anda, bergantung pada tahap ini: tahap penyemaian.

Sebenarnya seedling tray sampai saat ini penggunaannya masih dijadikan alternatif, orang-orang yang saya temui lebih suka menggunakan polybag dalam penyemaian. Penyebabnya mungkin karena penggunaan tray semai jika dibandingkan dengan penggunaan polybag, seedling tray mungkin akan terlihat lebih mahal. Tapi sebenarnya jika Anda hitung biaya akhirnya, penggunaan tray semai justru memangkas biaya penyemaian bibit tanaman.

Selain sebenarnya ekonomis (kok bisa ekonomis? baca saja dulu, nanti pas akhir artikel juga tahu kenapa bisa lebih hemat), tray semai mempunyai beberapa kegunaan yaitu:

  • Sebagai alat atau media semai. Penggunaan seddling air akan membuat benih cepat tumbuh karena kelembaban benih terjaga dengan baik sebab seddling tray bisa ditutup saat proses penyemaian yang akan menjaga kelembaban benih.
  • Sebagai alat atau media pembesaran. Proses semai sampai dengan panen bisa dilakukan di dalam seedling tray ini apalagi tumbuhan yang tumbuh keatas seperti kangkung, bayam dan rempah-rempah. Tray semai dapat memakai beberapa media tanam seperti cocopeat, sekam bakar, Perlite & Vermiculite dll.
  • Praktis dan mudah. Memudahkan para pekebun rumahan dan petani untuk menyemai karena kepraktisan penggunaannya. Betapa tidak, dalam satu baki atau tray sudah disediakan banyak lubang. Anda sisa mengisi media tanam dan langsung menanam benih disana, bisa langsung dispray tiap hari, kalau perlu ditutup koran biar makin lembab. Hal ini tentunya akan menghemat tenaga dan juga waktu Anda dibanding menyemai menggunakan wadah polybag.
  • Tumbuh-kembang tanaman lebih baik. Tumbuhnya akar pada tanaman yang dibesarkan di seedling tray lebih teratur.
  • Gampang dipindahkan. Ketika sudah tumbuh, Anda akan terkejut dengan mudahnnya melepaskan bibit dari tray semai tanpa merusak bibit tersebut. Risiko tanaman terinjak atau terjatuh pun akan diminimalisir.
  • Ekonomis.Seedling tray ini juga dapat digunakan berkali-kali sehingga hemat biaya dan bahan.
  • Dapat menjadi media pembibitan khusus berkebun dengan sistem hidroponik (tray semai untuk hidroponik semakin marak trennya).

Saya sendiri mempunyai tray semai kesayangan di rumah, meski sudah usang (dipakai berkali-kali), tetap saja kesayangan. Bagaimana caranya tidak menjadi kesayangan, kalau semua tanaman admin rata-rata lahir di tray tersebut. Seedling tray boleh dikatakan RS bersalin bagi bibit-bibit tanaman saya hehe..

Seedling tray yang kami jual tersedia dalam beberapa ukuran (satuan lubang), tapi yang tersedia saat ini adalah 105 lubang. Perlu diperhatikan, jika seedling tray yang Anda beli cuma satu (1) pcs, kami mungkin akan melipat produk tersebut untuk menghemat ruang dalam paket yang dikirimkan sehingga tidak menyebabkan bea kirim atau ongkos kirim membengkak karena dimensi. Pembelian diatas 6 pcs baru akan dikirim tanpa kondisi terlipat.

Bagikan ke:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Rp 50.000
Rp 10.000
Rp 10.000
Rp 10.000
Rp 10.000
Rp 5.000
Habis
Rp 20.000
habis
Rp 10.000
Rp 10.000

Cari Produk

Hubungi Kami

SMS 082240426123
Khusus WA 082187463088
Email : sales@bibitbunga.com

Produk Bestseller

Cek resi