GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Tanaman Mimba (Neem Tree)

KategoriTanaman Hidup, Tanaman Obat
Di lihat28 kali
Berat(/pcs)0.3 Kg
Harga Rp 30.000

Detail Produk Tanaman Mimba (Neem Tree)

Mimba / neem (Azadirachta indica A. Juss) merupakan tanaman perdu/terna yang bisa tumbuh di daerah tropis terutama pada dataran rendah dengan ketinggian 300 mdpl dan bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 20 m. Tanaman yang ditemukan di Hindustani, India ini juga termasuk tanaman yang survive pada tanah yang tandus, sehingga dikembangbiakkan untuk kepentingan penghijauan daerah gurun di Timur Tengah.

Perawatannya cukup mudah, cukup ditanam di tempat yang terkena cahaya matahari yang banyak. Untuk membuahkan tanaman mimba, maka harus ditanam pada daerah panas. Namun, jika ingin memanfaatkan daunnya saja maka bisa ditanam di daerah dingin, sehingga daun dan akarnya dapat tumbuh besar. Tanaman ini memiliki kulit batang yang tebal dan sedikit kasar. Daunnya berbentuk lonjong dengan pinggiran yang runcing dan bergerigi, memiliki sirip genap.

Manfaat dari tanaman mimba sangat banyak diantaranya dapat digunakan untuk manusia, pertanian dan juga peternakan. Daun mimba mengandung senyawa azadirachtin, nimbine, nimbolide, hyperoside, quercetin, rutin dan sitosterol (beberapa diantaranya merupakan aktivitas antikanker).

Di negara asalnya, tanaman mimba juga disebut sebagai “apotik desa” karena dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional masyarakat desa.

Ada berbagai macam penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan mimba, diantaranya:

  • Demam;
  • Antidiabetes;
  • Antibakteri;
  • Antiinflamasi;
  • Penyakit kulit, dan
  • Penyakit kardiovaskular.

Setiap bagian yang terdapat pada tumbuhan mimba memiliki kegunaan masing-masing, diantaranya:

  • Cairan yang diambil dari torehan / goresan kulit batangnya dapat digunakan untuk lambung. Selain itu, kulit batangnya dapat juga diseduh yang dapat digunakan untuk mengatasi serangan malaria, sedangkan seduhan dari daunnya berkhasiat untuk mengatasi disentri, menambah nafsu makan serta masalah-masalah lainnya.
  • Daunnya dapat dimanfaatkan sebagai pembasmi serangga, antibakteri, antijamur, dan juga antivirus.
  • Minyaknya (berasal dari biji) dapat digunakan sebagai obat penyakit kulit, seperti kutu kepala, kudis, cacing dan juga efektif untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan kuman. Selain itu, minyak dan daunnya memang sudah lama dimanfaatkan sebagai pembasmi hama pada tanaman, tapi untuk pemeliharaan tanaman, akan lebih efektif jika dicampur dengan bahan-bahan seperti alkohol, sabun, serai wangi, sabun, gadung dan lengkuas.
Rp 58.000
Rp 24.000
Rp 90.000
Rp 100.000
Rp 35.000
Rp 24.000

Rekening Bank

No rek BCA akan di-SMS bersama total tagihan
No rek Mandiri akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BNI akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BRI akan di-SMS bersama total tagihan

Pengiriman

Temukan Kami di