GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Penyebab Tanaman Buah Tidak Mau Berbuah dan Penanggulannya

Sunday, February 28th 2016.

Memiliki tanaman buah tentunya sangat menyenangkan, terlebih lagi jika tanaman buah yang kita tanam bisa menghasilkan buah yang segar dan lebat. Kegiatan berkebun dengan menanam tanaman buah memang memiliki beberapa manfaat bagi kita. Diantaranya bisa mengurangi stress dan beban pikiran, lalu juga bisa memberikan suasana sejuk dan nyaman, dan yang terbaik adalah bisa memberikan hasil buah yang dapat kita konsumsi bersama dengan keluarga atau bahkan bisa dikembangkan sebagai penghasilan tambahan.

tanaman buah

Namun sayangnya, ada saja pohon buah yang bahkan tidak mengeluarkan buahnya walau tumbuh dengan sehat dan berada dalam musimnya. Mungkin kita bertanya-tanya, mengapa tanaman buah yang kita tanam sulit berbuah atau bahkan tidak berbuah sama sekali.

 

Hal-hal Yang Menyebabkan Tanaman Gagal Berbuah

  1. Tanaman buah yang kita tanam mungkin memang belum mencapai batas umur untuk bisa berbuah. Setiap tanaman terutama tanaman buah memiliki batas umur masing-masing tergantung dari jenisnya. Mengetahui kapan batas umur dari pohon buah yang kita tanam sangat penting agar kita tidak terburu-buru menyimpulkan kalau bibit tanaman buah yang kita miliki tidak bagus.
  2. Terjadinya mutasi gen yang membuat tanaman menjadi mandul dan tidak bisa berbuah lagi.
  3. Proses pemberian pupuk (terutama yang mengandung kadar Nitrogen tinggi) yang terlalu berlebih, yang membuat tanaman tumbuh terlampau rimbun dan lebat. Hal tersebut membuat tajuk tanaman kurang mendapat asupan sinar matahari yang menyebabkan proses fotosintesis kurang maksimal dalam menghasilkan karbohidrat. Hal ini membuat bunga yang terbentuk menjadi lebih sedikit dan kurang maksimal.
  4. Bunga jantan dan betina yang masak dalam waktu yang tidak sama. Sehingga sebelum terjadi pembuahan, salah satu bunga sudah layu atau gugur.
  5. Tanaman buah yang kita miliki ternyata hanya bisa menjadi buah jika ada pohon dengan bunga jantan yang tumbuh atau berada didekatnya. Contohnya adalah pohon wuni, pohon rukem dan lain-lain.
  6. Beberapa hal lain yang mempengaruhi tidak munculnya buah walau memiliki bunga yang banyak adalah kurangnya nitrogen dalam tanah, kurang air, serangan hama dan penyakit tanaman, dan juga faktor cuaca yang kurang mendukung.

 

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tanaman buah yang kita tanam bisa berbuah dengan baik dan banyak. Berikut ini adalah beberapa syarat bagi tanaman agar bisa mengeluarkan hasil berupa buah yang sehat dan segar.

Syarat Tanaman Buah Agar Berbuah dengan Baik

  1. Pemilihan bibit tanaman buah yang baik. Memilih bibit tanaman buah yang baik dan juga unggul amat sangat diperlukan. Sebaiknya kita sudah mengetahui dan memahami apakah bibit tanaman buah yang akan kita tanam bagus atau tidak. Bibit tanaman yang tidak baik atau bibit yang merupakan keturunan tanaman mandul tentu hasilnya tidak akan baik.
  2. Terpenuhinya kebutuhan tanaman termasuk diantara lingkungan, iklim cuaca yang mendukung, curah hujan, unsur hara dan juga sinar matahari yang cukup. Unsur hara dalam tanah yang dibutuhkan dan paling penting bagi tanaman adalah Phosfor, sehingga anda harus memastikan kalau unsur ini ada dilahan yang akan digunakan.
  3. Terpenuhinya mikro-klimat yaitu hal-hal mikro lainnya yang mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman buah diantaranya adalah kondisi lahan, kualitas air tanah, kelembaban udara dan suhu.
  4. Tanaman atau pohon buah yang kita tanam harus bebas dan terlindungi dari penyakit-penyakit yang menjangkiti tumbuhan.

Hal-hal diatas bisa harus dipastikan agar tanaman buah kita bisa tumbuh dengan baik. Setelah semua syarat diatas terpenuhi, kita bisa melakukan hal hal ekstra untuk mempercepat pembuahan dan meningkatkan kualitas buah. Caranya bisa dengan melakukan pemangkasan, pengairan, pemberian hormon, pupuk dan lain-lain.

Lihat juga: Jenis Tanaman Buah Yang Cocok Ditanam Dipekarangan Rumah

 

Bagikan ke:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek BCA akan di-SMS bersama total tagihan
No rek Mandiri akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BNI akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BRI akan di-SMS bersama total tagihan

Pengiriman

Temukan Kami di