GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Obat Alami Kolesterol dan Faktor Penyebabnya

Friday, March 4th 2016.

Kolesterol merupakan hal yang cenderung negatif dimata masyarakat secara umum. Kolesterol sendiri merupakan sebuah komponen berupa lemak yang berada didalam pembuluh darah tubuh. Komponen tersebut sebenarnya berguna bagi tubuh sebagai energi yang bisa digunakan tubuh saat dibutuhkan. Namun apabila kadar kolesterol dalam darah terlampau tinggi, hal tersebut dapat memicu timbulnya beberapa penyakit yang bisa menjangkiti dan berbahaya bagi tubuh kita.

Banyak cara pengobatan untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Bisa melalui pengobatan kedokteran, ataupun menggunakan obat alami kolesterol seperti contohnya seledri dan juga belimbing wuluh. Sebelum kita mengetahui apa saja obat alami kolesterol yang paling baik. Sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu kolesterol.

 

Apa Itu Kolesterol?

Lemak atau kolesterol sebetulnya tidaklah berbahaya bagi tubuh, malah diperlukan sebagai salah satu sumber energi juga untuk kebutuhan tubuh lainnya. Terlampau banyak mengkonsumsi lemak dan zat lain yang menyebabkan naiknya kadar kolesterol lah yang berbahaya dan dapat memicu penurunan kesehatan dan penyakit yang bisa menyerang tubuh. Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol HDL dan juga kolesterol LDL.

Kolesterol HDL merupakan jenis lemak yang baik bagi tubuh dan bisa melarutkan kolesterol jahat yang kurang baik bagi tubuh kita. Sedangkan kolesterol LDL cenderung merugikan bagi tubuh terutama jika kadarnya didalam tubuh terlampau atau terlalu tinggi. Kadar kolesterol yang paling baik dan ideal didalam darah berkisar dantara 160 mg hingga 200 mg untuk standar normal. Kenaikan kadar kolesterol bisa diakibatkan oleh obesitas atau kelebihan dari berat badan yang bisa menyebabkan kadar kolesterol menjadi tinggi. Namun orang dengan tubuh yang kurus juga bisa memiliki nilai kolesterol yang tinggi terutama jika pola hidup dan pola makannya kurang sehat.

 

Faktor Penyebab Kolesterol Tinggi

Sebelum kita mengetahui obat alami kolesterol atau obat herbal kolesterol yang paling baik, saya akan memberikan info mengenai beberapa faktor penyebab dari naiknya atau tingginya kadar kolesterol yang ada didalam tubuh atau dalam darah. Dengan mengetahui faktor-faktor penyebabnya, anda setidaknya bisa waspada dan juga bisa melakukan tindakan pencegahan secara lebih awal. Berikut beberapa faktor penyebab naiknya kadar kolesterol yang tinggi didalam darah.

  1. Obesitas atau Kegemukan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, faktor obesitas atau berat badan yang berlebih menjadi salah satu faktor yang cukup besar dalam meningkatkan atau menaikkan kadar kolesterol yang ada didalam darah. Obesitas atau kegemukan bisa menyebabkan menurunnya kolesterol HDL atau disebut juga dengan lemak baik dan meningkatkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh. Hal tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung dan lain-lain.

  1. Pola Makan yang Tidak Tepat

Pola makan yang buruk juga bisa meningkatkan resiko naiknya kadar kolesterol. Pemilihan makanan yang kurang sehat sebaiknya dihindari dan diganti dengan makanan yang sehat dan baik bagi tubuh. Makanan yang mengadung lemak jenuh sangat tidak dianjurkan atau dikurangi seperti mentega, keju, makanan yang digoreng (minyak goreng), telur, daging sapi, dan makanan yang mengandung lemak jenuh lainnya.

  1. Faktor Genetika

Ketururan atau faktor genetik juga bisa berperan dalam peningkatan kolesterol dalam diri kita. Apabila orang tua anda memiliki riwayat kolesterol tinggi, ada kemungkinan bahwa anda juga akan memiliki penyakit yang sama.

  1. Kurang Bergerak dan Beraktivitas

Kurangnya aktivitas dan olahraga juga berpengaruh terhadap kadar kolesterol yang tinggi. Apabila anda jarang bergerak dan hanya duduk saja, resiko untuk terkena penyakit kolesterol menjadi lebih tinggi dibandingkan orang yang sering berolahraga.

Selain keempat faktor diatas, ada juga faktor lain seperti kebiasaan merokok yang tinggi, juga faktor usia dan jenis kelamin yang memang cenderung menyerang orang yang sudah berusia diatas 30 tahun.

Obat Alami Tradisional Untuk Menurunkan Kolesterol

Setelah mengetahui penyebab-penyebab dari meningkatnya kadar kolesterol, kini saatnya anda mengetahui obat alami kolesterol yang bisa anda gunakan dan bisa anda temukan dengan mudah. Berikut ini obat herbal kolesterol yang terbaik dan sudah digunakan secara turun temurun dan lama.

Daun Sambiloto

daun sambiloto

daun sambiloto

Daun sambiloto merupakan obat alami untuk penyakit kolesterol dan bisa anda dapatkan dengan cukup mudah bahkan sudah ada dalam bentuk produk kapsul atau tablet. Daun tanaman obat ini memang memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat bagi kesehatan termasuk bisa menurunkan kolesterol yang terlampau tinggi dalam darah. Cara pemanfaatannya yaitu dengan merebus 25 gram daun sambiloto didalam 3 gelas air hingga mendidih. Panaskan hingga hanya tersisa 1 kurang lebih satu gelas air saja. Setelah itu dinginkan dan minum airnya setiap hari satu kali saja setelah makan.

Lihat Info Tanaman Sambiloto dan Harga

Seledri

seledri

seledri

Tanaman obat herbal alami untuk kolesterol selanjutnya adalah seledri. Tanaman yang sering digunakan sebagai bahan tambah atau bumbu untuk makanan ini memiliki manfaat lainnya yaitu sebagai obat alami kolesterol yang cukup ampuh dan tentunya lebih menyehatkan dibandingkan menggunakan obat bahan kimia.

Belimbing Wuluh

belimbing wuluh

belimbing wuluh

Belmbing wuluh terutama daunnya bisa menjadi alternative tanaman obat lainya untuk mengobati kolesterol. Cara penyajiannya yaitu dengan merebus daun belimbing wuluh didalam panci atau wadah dengan 2 gelas air. Didihkan hingga tersisa setengah dari air rebusan tersebut. Saring dan kemudian airnya diminum.

Lihat Info Belimbing Wuluh dan Harga

Itulah obat herbal kolesterol yang alami yang bisa anda gunakan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda terutama yang memang sedang mencari informasi mengenai obat alami kolesterol yang mudah anda temukan serta mujarab.

 

Lihat juga: Mengenal Buah Apel dan Manfaat Bagi Kesehatan

 

Bagikan ke:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek BCA akan di-SMS bersama total tagihan
No rek Mandiri akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BNI akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BRI akan di-SMS bersama total tagihan

Pengiriman

Temukan Kami di