GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Mengenal Tanaman Buah Apel Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Thursday, March 3rd 2016.

Tanaman buah apel adalah salah satu tanaman yang bisa menghasilkan buah yang dapat kita konsumsi. Buah apel sendiri memiliki warna dan bentuk yang bermacam-macam. Secara umum, buah apel memiliki warna merah dibagian kulitnya saat sudah matang dan berwarna putih untuk dagingnya. Selain merah, warna kulit buah apel juga ada yang berwarna hijau dan juga kuning. Daging buah apel terasa manis dan ada beberapa biji didalamnya.

Apel sendiri memiliki naman ilmiah yaitu Malus domestica, yang merupakan turunan dari Malus sieversii dari Asia Tengah yang masih disebut dengan apel liar atau apel hutan. Tanaman buah apel pertama kali ditanam dan juga dibudidayakan di wilayah Asia Tengah, dan terus berkembang ke daerah atau Negara yang memiliki suhu udara dingin seperti di eropa. Namun sekarang tanaman ini sudah berkembang dan menyebar ke berbagai Negara diseluruh dunia termasuk pula di Negara kita Indonesia.

Hampir semua buah Apel bisa langsung dimakan tanpa melalui proses memasak, baik saat apel tersebut masih mentah ataupun sudah masak dipohon. Selain dimakan langsung, apel juga sering dijadikan sebagai bahan tambahan makanan atau sebagai saus yang disebut juga dengan saus apel. Selain itu, Apel juga sering dbuat kedalam bentuk minuman atau jus.

Morfologi Tanaman Apel

pohon apel

pohon apel

Tanaman buah apel memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dengan daunnya yang merupakan jenis daun gugur. Tinggi dari pohon apel bisa mencapai 3 hingga 12 meter dengan rating dan batangnya yang melebar dan lebat. Daun dari tanaman apel berbentuk lonjong dan panjangnya sekitar 5 hingga 12 cm dengan lebar sekitar 3 hingga 6 cm. Bunga dari tanaman apel mekar pada musim semi, sedangkan buah apel sendiri masak pada musim gugur.

 

Manfaat dari Buah Apel

apel merah

apel merah

Banyak penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti baik itu swasta, personal maupun dari pihak pemerintahan. Buah Apel sendiri ternyata memiliki banyak sekali khasiat serta manfaat terutama untuk kesehatan tubuh manusia. Diantaranya manfaat dari buah apel adalah mampu mengurangi resiko penyaki kanker usus besar, kanker paru-paru dan juga kanker prostat. Buah apel juga mengadung vitamin C dan kandungan senyawa antioksidan yang sangat banyak.

Serat dari buah apel terutama apel merah juga mampu mengurangi resiko penyakit jantung serta bisa mengontrol berat badan, makanya buah apel sering digunakan sebagai makanan diet untuk mengurangi berat badan. Buah apel juga tidak mengandung kolestrol dan mengandung serat yang bisa mengurangi kolesterol dengan cara mencegah reabsopsi sehingga kita bisa lebih terlindung dari penyakit tersebut.

Apel juga sering dibuat menjadi jus dan memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat buah apel lainnya adalah:

  • Mampu mengurangi berat badan dan melancarkan pencernaan
  • Meredakan diare
  • Serangan infeksi virus
  • Membantu dalam mengobati penyakit asma
  • Memperkuat ginjal
  • Radang sendi
  • Mencegaj kerusakan gusi dan gigi
  • Anti kanker
  • Menstabilkan gula darah

Buah apel sendiri tidak mengandung zat yang buruk bagi tubuh. Biji apel sebenarnya sedikit beracun sebab mengadung sedikit zat amigdalin yang sejenis dengan zat glikosida sianogen. Namun zat tersebut tidak berbahaya atau berpengaruh terhadap manusia ataupun hewan besar.

Buat kamu yang ingin diet dan memiliki tubuh yang ideal, buah apel menjadi pilihan yang tepat untuk anda konsumsi. Buah apel memiliki kadar lemak yang sangat rendah, sedangkan kadar seratnya yang tinggi bisa membuat kita merasakan rasa kenyang dengan cepat.

Dengan banyaknya manfaat dari apel, sebaiknya kita bisa atau rutin mengkonsumsi buah dari tanaman apel baik itu apel merah, hijau ataupun jenis apel lainnya.

Buat kamu yang ingin memiliki tanaman ataupun buah apel, bisa menemukannya di tautan dibawah ini.

Lihat Info Apel dan Harga

 

Bagikan ke:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek BCA akan di-SMS bersama total tagihan
No rek Mandiri akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BNI akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BRI akan di-SMS bersama total tagihan

Pengiriman

Temukan Kami di