GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Keuntungan Berbisnis Jual Beli Tanaman Hias dan Tanaman Obat

Sunday, February 14th 2016.

Berbisnis jual beli tanaman hias dan tanaman obat atau membudidayakan tanaman hias adalah salah satu bisnis yang cukup menjanjikan mengingat iklim di Indonesia yang mendukung berbagai jenis tanaman hias maupun tanaman obat untuk tumbuh subur. Tanaman hias sendiri sangat diminati di berbagai tempat karena keindahannya dan juga keeuntungan yang didapat cukup banyak. Tanaman hias bisa dimanfaatkan dan digunakan untuk mempercantik ruangan, bahkan ada juga tanaman tersebut yang bisa dijadikan obat yang manjur untuk berbagai penyakit.

Berbisnis jual beli tanaman hias tidaklah terlampau sulit. Yang dbutuhkan adalah niat, kegigihan dan juga ketekunan. Karena tanaman harus selalu dirawat dengan baik agar memberikan hasil yang maksimal. Dengan bekal tersebut maka tentunya hasil yang didapat juga akan maksimal dan memuaskan. Usaha atau bisnis tanaman hias dan tanaman obat bisa menjadi usaha sampingan atau bahkan bisa menjadi pendapatan utama dengan penghasilan yang cukup besar. Tentunya ada proses yang mesti anda lewati, baik dari, modal, persiapan, pengetahuan dan juga waktu agar bisa melakukan bisnis tanaman hias dengan hasil yang baik.

 

Keuntungan Bisnis tanaman Hias dan tanaman obat antara Lain:

  • Tanah di Indonesia yang subur hingga mudah menaman tanaman jenis apapun
  • Permintaan yang cukup tinggi
  • Perawatan yang relative mudah
  • Wadah atau tempat yang bisa dimodifikasi

 

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan budidaya tanaman hias ataupu tanaman obat agar mendapat hasil yang lebih baik.

 

Media

bisnis tanaman hias

Untuk media ada dua hal yang bisa digunakan, yaitu dengan wadah atau tanpa wadah. Untuk tanaman hias atau tanaman obat biasanya menggunakan wadah seperti pot yang terbuat dari tanah liat atau yang terbuat dari plastik/polybag. Kebanyakan tanaman hias bisa menggunakan wadah dari bahan tanah liat, plastik atau wadah-wadah lainnya. Namun beberapa ada juga yang membutuhkan wadah khusus seperti tanaman buah naga yang sebaiknya menggunakan pot dari tanah liat.

Anda juga bisa memindahkan tanaman yang sudah terlampau besar didalam wadah pot ke wadah yang lebih luas atau kedalam tanah dikebun. Hal tersebut cukup penting agar proses dari pertumbuhan tanaman tidak terganggu.

 

Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit tanaman yang baik sangat penting karena menentukan hasil dari tanaman hias atau obat yang akan dihasilkan. Bibit yang buruk tentunya membuat tanaman yang kita rawat akan mudah terkena penyakit atau kurang cantik dari segi tampilan. Pastikan memilih bibit yang baik, tidak rusak dan bagus dari segi tampilan. Untuk bibit yang baik anda bisa melihat dan memilih di halaman berikut mengenai benih tanaman.

 

Perawatan

Perawatan yang rutin juga menjadi factor penting akan hasil dari tanaman yang kita rawat. Pemberian air secara rutin, pupuk berkualitas serta pastikan tanaman hias atau tanaman obat yang kita tanam selalu terjaga dari penyakit. Untuk pupuk anda bisa menggunakan pupuk organic atau juga pupuk kimia yang tentunya harus aman bagi tanaman dan juga lingkungan.

 

Tempat

tempat tanaman hias

Untuk tempat dari tanaman sendiri sebaiknya berada dikawasan atau wilayah yang sejuk, stategis dan segar serta tidak terlalu terpapar oleh sinar matahari langsung sepanjang hari. Karena dapat mempercepat tanaman menjadi rusak dan mengurangi proses pertumbuhan dari tanaman. Selain itu tanaman juga akan menjadi kering dan akan terlihat kusam. Sinar matahari untuk tanaman sebaiknya diberikan pada jam-jam tertentu yaitu antara jam 7 pagi hingga jam 11 siang.

 

Penyakit

Penyakit dari tanaman ada beberapa macam, pastikan anda sudah mengetahui mengenai penyakit pada tanaman dan juga obat atau cara penggulangannya.

 

Lihat juga: Cara menanam Buah Naga di Pot

 

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis tanaman hias agar hasil yang anda dapatkan selalu baik dan maksimal.

 

 

Bagikan ke:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek BCA akan di-SMS bersama total tagihan
No rek Mandiri akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BNI akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BRI akan di-SMS bersama total tagihan

Pengiriman

Temukan Kami di