GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Merawat Bunga Mawar Agar Sering Berbunga

Monday, March 21st 2016.

Bunga mawar merupakan salah satu bunga yang menjadi favorit banyak orang. Bahkan bunga ini sering dijuluki sebagai ratunya bunga karena bentuk dan warnanya yang cantik dan indah. Bunga mawar juga sering diasosiasikan dengan berbagai hal tergantung dari warna bunganya. Contohnya seperti bunga mawar merah yang sering dianggap sebagai bunga untuk menunjukan rasa cinta dan sayang terhadap seseorang, atau ada juga bunga mawar putih yang diasosiasikan sebagai suatu hal yang suci seperti dipernikahan dan lain-lain. Baunya yang khas dan harum juga menjadi daya tarik lainnya dari bunga ini.

Hal tersebut membuat banyak orang yang mencoba untuk menanam mawar dirumahnya atau dipekarangan, namun banyak juga yang kurang paham cara merawat bunga mawar sehingga walau tanaman tersebut tumbuh, tetapi tanaman tersebut jarang berbunga atau bahkan tidak berbunga sama sekali karena langsung layu. Atau ada juga yang ketika membeli dari toko bunga, kelopak bunga mawar tersebut memiliki bentuk yang besar dan cerah namun setelah berpindah tangan malah semakin kecil dan tidak secerah sebelumnya.

Jika kamu memiliki masalah-masalah tersebut dalam merawat bunga mawar baik dirumah maupun dipekarangan, disini kami akan memberikan sedikit tips dan juga cara merawat bunga mawar agar rajin dan sering berbunga.

Cara Merawat Bunga Mawar

cara merawat bunga mawar

Menanam atau merawat tanaman bunga mawar memang agak sulit jika kita tidak mengetahui trik dan cara yang tepat, namun tentunya jika kita telah mengetahui ilmu dan juga triknya maka semuanya akan menjadi lebih mudah. Menanam bunga mawar sedikit memerlukan perhatian khusus, tidak hanya disiram setiap hari saja. Berikut ini tips dan cara merawat tanaman bunga mawar yang perlu anda perhatikan.

1. Tempatkan Ditempat Yang Terkena Matahari

Tips yang pertama dalam merawat bunga mawar adalah kita harus menempatkan tanaman bunga mawar di tempat yang terkena sinar matahari langsung,  terutama bunga mawar harus terkena sinar matahari dipagi hari agar bunga bisa melakukan fotosisntesis dengan baik. Namun jangan sampai bunga mawar terkena sinar matahari sepanjang hari. Tempatkan ditempat yang kira-kira akan terkena sinar matahari pada pagi atau sore hari.

2. Berikan Nutrisi dengan Pupuk

Tips merawat bunga mawar selanjutnya adalah dengan memberikan tanaman mawar nutrisi yang cukup agar bisa tumbuh subur dan berbunga, caranya yaitu dengan memberikan pupuk yang cukup dan tepat. Untuk pemberian pupuk, yang terbaik adalah dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk alami yang berasal dari kotoran hewan. Namun jika anda tidak menemukan atau kesulitan untuk mendapatkannya, anda juga bisa menggunakan pupuk buatan seperti pupuk NPK yang mengandung nitrogen, fosfor dan juga kalium yang berguna untuk membantu pertumbuhan tanaman bunga terutama bagian daun, memperkuat dan mempersubur pertumbuhan akar, serta mempercepat pembungaan dan juga pembuahan.

Penggunaan pupuk NPK sendiri harus sesuai takaran dan tidak boleh terlalu sering untuk digunakan karena jika terlalu banyak malah bisa membuat tanaman bunga mawar layu dan mati. Takaran untuk setiap tanaman adalah sekitar 10 hingga 20 butir NPK dan diberikan ke tanaman mininal setiap sebulan sekali saja atau 2 minggu sekali. Pemberian pupuk NPK bisa dilakukan dengan cara disebarkan atau bisa juga dicairkan terlebih dahulu lalu disiramkan ke media tanah.

3. Lakukan Penyiraman Secara Rutin

Penyiraman secara rutin juga harus dilakukan terutama diawal-awal penanaman atau saat anda baru pertama membeli tanaman bunga mawar dan dipindahkan ke media baru. Penyiraman tanaman sebaiknya dilakukan diwaktu pagi dan juga sore hari jika suhu udara cukup panas, dan cukup sekali saja jika cuaca tidak terlampau panas. Jika di musim hujan, anda tidak perlu melakukan penyiraman apalagi jika tanaman bunga mawar terkena air hujan dan ditempatkan dipekarangan.

4. Jauhkan Dari Penyakit dan Hama

Tips dan cara merawat bunga mawar yang selanjutnya adalah menjauhkan tanaman bunga mawar dari penyakit dan juga hama yang bisa mengganggu pertumbuhan bunga mawar. Anda bisa memberikan atau menyemprotkan fungsisida dan insektisida kepada tanaman mawar sekurang-kurangnya sebulan sekali atau maksimal setiap 2 minggu sekali. Bersihkan juga tanaman liar yang ada disekitar bunga mawar agar asupan air dan unsur hara tidak terbagi dan membuat pertumbuhan tanaman mawar terganggu.

5. Rajin Memangkas Tangkai Yang kering

memangkas-mawar

Tips yang terakhir adalah dengan memangkas atau memotong tangkai dari bunga mawar yang muali mengering atau mati. Gunakan gunting yang bersih atau alat pemotong lainnya. Dengan memotong batang bunga mawar yang telah kering dapat merangsang dengan cepat pertumbuhan tunas baru yang nantinya bisa menghasilkan bunga baru yang lebih baik.

Temukan Bunga Mawar dan Harga Disini

Itulah beberapa tips mengenai cara merawat bunga mawar yang bisa kami berikan terutama bagi anda yang saat ini sedang menanam bunga mawar atau bahkan anda saat ini sedang membudidayakannya secara massal. Semoga tips dari kami bermanfaat dan berguna bagi anda para pecinta tanaman hias dan bunga.

Lihat juga:

Cara Menanam Bunga Mawar yang Baik dan Benar

Bagikan ke:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek BCA akan di-SMS bersama total tagihan
No rek Mandiri akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BNI akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BRI akan di-SMS bersama total tagihan

Pengiriman

Temukan Kami di