SMS 082240426123
Khusus WA 082187463088

Email : sales@bibitbunga.com
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Menanam Tanaman Rosella Dengan Mudah dan Simpel

Thursday, April 28th 2016.

Banyak sekali tanaman hias bunga yang popular di Indonesia, dan salah satunya yang saat ini sedang digandrungi dan juga cukup popular sebagai tanaman bunga hias adalah tanaman Rosella. Tanaman yang satu ini dikenal akan buahnya yang memiliki bentuk seperti kelopak bunga yang terlihat menarik dan cantik. Tanaman ini juga memiliki sebutan lain yaitu tanaman Frambozen. Buah yang menyerupai bunga tersebut selain cantik, juga memiliki manfaat yang banyak dan sering digunakan oleh masyarakat ataupun perusahaan sebagai bahan baku pembuat sirup karena rasanya yang unik dan manis serta menyegarkan. Karena cara menanam tanaman rosella tidak terlampau sulit, banyak juga yang menanam dan membudidayakannya.

Tanaman rosella juga sering digunakan sebagai salah satu bahan obat herbal yang bisa memberikan khasiat dan manfaat yang baik bagi tubuh. Khasiat-khasiat dari tanaman rosella antara lain dapat membasmi cacing didalam system pencernaan, memperlancar keluarnya air seni, menurunkan panas tubuh, mengencerkan darah, mampu menurunkan tekanan darah, dan juga bisa digunakan sebagai bahan antibakteri dan antiseptik.

Berikutnya kami akan memberikan informasi mengenai cara menanam rosella yang bisa anda lakukan diarea lahan ataupun disuatu wadah seperti pot dan polybag.

 

Cara Menanam Tanaman Rosella

cara menanam tanaman rosella

Sebelum kita mulai menanam bunga rosella, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu karakteristik dari tanaman bunga rosella tersebut. Pohon rosella sendiri biasanya dapat tumbuh dengan subur dan baik di segala cuaca, suhu dan dikondisi lahan yang berbeda-beda. Akan tetapi perbedaan dari segi suhu dan karaker lahan serta cuaca bisa mempengaruhi warna dari buah tanaman rosella yang nantinya akan dihasilkan oleh tanaman tersebut.

Tanaman rosella bisa tumbuh dengan baik dan subur di ketinggian 10 hingga 600 meter dari atas permukaan laut. Untuk suhu yang optimal adalah direntan suhu 20 hingga 34 derajat celcius, Tanaman rosella adalah tanaman yang hanya berbuah disatu waktu dalam semusim. Tanaman ini bisa tumbuh mencapai ketinggian 1 hingga 3 meter.

Persiapan Lahan dan Bibit

Cara menanam tanaman rosella yang pertama adalah mempersiapkan lahan yang akan kita Tanami tanaman rosella nantinya. Persiapan lahan dimulai dengan cara membersihkan semua area lahan yang akan digunakan dari tanaman liar atau gulma, melakukan penggemburan tanah dan juga memberikan pupuk baik itu pupuk kandang atau kompos secukupnya. Setelah itu kita buat bedengan ukuran yang disesuaikan dengan area lahan.

Selanjutnya adalah pemilihan benih atau bibit tanaman rosella yang baik agar nantinya bibit tersebut bisa tumbuh dengan baik dan sempurna serta memberikan hasil yang maksimal. Benih dari tanaman rosella berasal dari biji. Berikut ini cara mempersiapkan biji tanaman rosella.

  • Pertama-tama biji tanaman rosella dikeringkan kurang lebih 4 hari lamanya.
  • Setelah kering kemudian ditempatkan atau disemai dilahan tanah khusus yang sudah digemburkan.
  • Setelah dua minggu atau jika sudah tumbuh setinggi 7 cm, kemudian benih dimasukan kedalam polybag.
  • Biarkan tanaman rosella tumbuh hingga ukuran kurang lebih 20 cm sebelum dimasukan kearea lahan.
  • Penanam rosella juga bisa dilakukan langsung diarea lahan, namun sebaiknya ditutupi agar tidak mudah rubuh dan rusak oleh hujan dan angin.

Anda juga bisa mendapatkan benih tanaman rosella ditoko tanaman  hias atau toko pertanian baik offline maupun online.

Lihat Info Benih Rosella dan Harga

 

Perawatan Tanaman Rosella

rosella

Hal yang juga tergolong penting dalam cara menanam tanaman rosella adalah diproses perawatan tanaman. Perawatan terbagi menjadi dua bagian yaitu pemupukan dan juga pemberantasan hama. Proses pemupukan adalah salah satu hal yang penting dalam menanam tanaman Rosella. Pupuk bisa diberikan jikalau tanaman rosella sudah berumur 3 sampai 8 minggu. Jenis pupuk yang bagus untuk diberikan adalah pupuk Urea. Jika tanaman telah melewati usia 1 sampai 2 bulan, pupuk yang sebaiknya diberikan adalah campuran kombinasi antara Urea dan pupuk NPK dengan perbandingan 4 : 3.

Proses pemberantasan hama penyakit dan hewan juga menjadi hal yang penting yang harus kita lakukan agar pertumbuhan tanaman hias Rosella tidak terganggu. Hama penyakit yang cukup sering menyerang tanaman rosella adalah penyakit Phytopthora dan juga ada hama kutu daun. Berikan pestisida organik serta menjaga kebersihan lahan secara teratur untuk menanggulanginya.

 

Lihat juga:

Cara Menanam dan Merawat Bunga Cempaka

Macam Tanaman Buah dan Harga

Bagikan ke:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+
Rp 15.000
Habis
Rp 5.000
habis
Habis
Rp 5.000
habis
Rp 25.000
Rp 60.000
Rp 6.000

Cari Produk

Hubungi Kami

SMS 082240426123
Khusus WA 082187463088
Email : sales@bibitbunga.com

Produk Bestseller

Cek resi