GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Menanam Strawberry Di Lahan, Polybag Dan Di Pot

Monday, March 14th 2016.

Strawberry merupakan salah satu buah yang disukai dan menjadi favorit banyak orang. Biasanya buah ini dimakan langsung atau dijadikan sebagai minuman jus dan juga bisa sebagai bahan tambahan makanan. Buah ini banyak disukai karena rasanya yang enak dan juga manis serta warna buahnya yang merah cerah yang terlihat sangat menarik. Bahkan tanaman buah strawberry juga terkadang dijadikan sebagai tanaman hias untuk memperindah halaman dan juga taman. Buat anda yang ingin menanam buah strawberry ataupun ingin membudidayakannya, disini kami akan memberikan tips dan langkah-langkah cara menanam strawberry dengan benar baik itu didalam pot atapun didalam polybag.

Tips dan Cara Menanam Strawberry

cara menanam strawberry

Pemilihan Lahan

Sebelum kita memulai untuk menanam buah strawberry, tentunya kita memerlukan lahan atau tempat yang tepat agar nantinya tanaman buah strawberry yang kita tanam bisa tumbuh dengan baik, subur dan juga mampu menghasilkan buah yang segar dan berkualitas. Ada beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan saat memilih lahan untuk menanam buah strawberry. Berikut ini kami berikan beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih lahan.

  • Tanaman buah Strawberry membutuhkan cahaya matahari selama kurang lebih 10 jam, sehingga sebaiknya pilih lahan atau tempat yang agak terbuka
  • Lahan atau tempat harus memiliki curah hujan yang cukup
  • Suhu udara yang terbaik untuk menanam strawberry adalah tidak lebih dari suhu 20 derajat celcius
  • Lahan berada diketinggian antara 900 – 2000 meter dari permukaan laut
  • Kelembaban udara antara 80 hingga 90%

Lahan yang baik sangat penting untuk pertumbuhan dari tanaman strawberry agar hasilnya lebih maksimal. Jika sudah mendapatkan lahan atau tempat yang cocok dan sesuai, kini saatnya kita lanjut ke proses selanjutnya.

Pemilihan Bibit Strawberry

Langkah atau cara menanam strawberry yang pertama harus kita lakukan adalah memilih bibit buah strawberry yang tetap, yaitu yang memiliki kualitas bagus dan juga bebas dari penyakit. Fase ini amat penting karena jika anda menggunakan bibit yang buruk, tentunya hasil yang akan didapat akan jauh dari memuaskan dan juga buah menjadi tidak maksimal hasilnya. Maka dari itu pemilihan bibit sangat penting untuk dilakukan. Yang pasti bibit yang digunakan harus sehat dan bebas dari penyakit serta bebas dari cacat tanaman maupun juga hama.

Lihat Harga Bibit Strawberry Disini

Persiapan lahan Tanam

Setelah kita memilih bibit yang baik, selanjutnya adalah mempersiapkan lahan tanam yang nantinya akan kita gunakan. Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan dilahan tanam sebelum ditanami oleh bibit strawberry nantinya.

  • Pertama-tama tanah dilahan yang akan digunakan digemburkan dengan cara dicangkul dengan kedalaman sekitar 30 cm, lalu diamkan dan tunggu selama seminggu untuk menghilangkan racun dalam tanah
  • Setelah satu minggu, tambahkan pupuk kandang untuk menambah unsure hara dalam tanah
  • Bualah pembatas/bedengan dengan ukuran lebar 100 cm dan tinggi sekitar 30 cm dengan jarak pandang menyesuaikan dengan lahan, jarak antara satu bedengan dengan yang lain sekitar 60 cm dan jangan lupa tutup dengan mulsa plastic
  • Terakhir buat lubang tanam dengan jarak masing-masing 30 cm dan diameter ukuran lubang sekitar 10 cm

Cara Menanam Strawberry di lahan

Setelah menyiapkan bibit tanaman strawberry dan juga lahan, kini saatnya kita masuk ke proses penanaman. Penanaman sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari atau pada waktu matahari belum terik agar nantinya bibit tidak mudah layu dan mati.

Pemindahan bibit kedalam lubang tanam harus dilakukan dengan hati-hati dan jangan sampai akar dari bibit rusak. Masukan bibit kedalam lubang tanam yang telah dipersiapkan dibagian tengah dengan akar yang menyebar, kemudian tutup kembali dengan tanah sampai batas unjung dari pangkal bibit buah strawberry. Setelah itu jangan lupa disiram dengan air secukupnya atau hingga tanah menjadi cukup basah.

 

Cara Menanam Strawberyy di Pot atau Polybag

Untuk cara menanam strawberry dengan menggunakan pot maupun polybag memiliki prinsip yang hampir sama, dan juga tidak terlalu jauh berbeda dengan menanam buah strawberry di lahan atau kebun. Berikut ini langkah-langkah untuk menanam tanaman strawberry di polybag atau dipot.

  • Pertama yaitu menyiapkan polybag dengan ukuran untuk 5 kg, pot bunga atau juga karung bekas yang bisa dipakai.
  • Kemudian siapkan media tanam yang berupa pasir, tanah liat, pupuk dan juga sedikit kapur, kemudian bahan-bahan tersebut dicampur hingga rata dengan komposisi tanah dan pupuk 1:4.
  • Diamkan selama 2 sampai 3 hari dan masukan kedalam polybag, pot atau media tanam lainnya.
  • Stelah itu ada bisa memasukan bibit tanaman kedalam wadah dan jangan lupa disiram dengan air hingga cukup basah

Masa panen

Selanjutnya adalah masa panen dari buah strawberry. Anda sudah bisa memanen buah strawberry setelah waktu 2 hingga 4 bulan dari usia tanam. Setelah panen dilakukan terutama panen pertama, anda selanjutnya bisa memanen kembali selama 3 hari sekali atau 2 kali seminggu. Cara memanen yang baik yaitu dengan memotong tangkai dari buah strawberry dan kemudian buah dicuci hingga bersih agar tetap segar.

 

Demikian informasi mengenai cara menanam strawberry yang bisa kami sampaikan untuk anda. Liha juga info menarik lainnya disitus jualtanamanhias.net dan anda juga bisa lihat harga-harga benih tanaman buah ataupun produk pertanian lainnya.

Lihat juga: Cara Menanam Durian Dengan Tepat

Bagikan ke:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek BCA akan di-SMS bersama total tagihan
No rek Mandiri akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BNI akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BRI akan di-SMS bersama total tagihan

Pengiriman

Temukan Kami di