GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Menanam Pepaya Dengan Baik dan Benar

Friday, March 18th 2016.

Pepaya termasuk buah yang banyak ada di Indonesia dan menjadi favorit banyak orang terutama para penggemar buah-buahan. Selain memiliki rasa manis dan enak untuk dimakan, buah pepaya dan juga bagian tanaman lainnya mempunyai beberapa manfaat lain bagi kita. Tanaman pepaya berasal dari wilayah Amerika tengah, Amerika selatan dan juga wilayah hindia barat. Pepaya termasuk kedalam buah golongan family Caricaceae. Tanaman pepaya termasuk tanaman buah yang mudah untuk ditanam dan dirawat, apalagi jika cara menanam pepaya yang kita lakukan sesuai dan tepat baik itu cara menanam, pemilihan bibit, kondisi lingkungan dan factor lainnya.

Tanaman pepaya bisa tumbuh diberbagai tempat dan sangat pas untuk ditanam diwilayah sub-tropis maupun tropis. Pepaya juga dapat tumbuh subur ditempat dengan kondisi cuaca basah ataupun cuaca kering, termasuk juga dikawasan dataran tinggi dan rendah. Anda bisa menemukan tanaman ini hampir disemua tempat didunia. Tanaman pepaya ini bisa dibilang memiliki resiko yang kecil dalam penanaman dan juga untuk perawatan dan tergolong mudah untuk mendapatkan buahnya.

Buat anda yang ingin menanam membudidayakan tanaman pepaya secara serius, bisa mengikuti langkah dan cara menanam pepaya yang baik dan benar didalam artikel ini.

Tips dan Cara Menanam Pepaya

budidaya pepaya

Kondisi Lahan

Walau tergolong sangat mudah untuk ditanam atau dibudidayakan, namun agar kita bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dan maksimal sebaiknya menggunakan lahan atau tempat dengan hembusan angin yang tidaklah terlampau kencang agar proses penyerbukan bunga tanaman pepaya bisa berlangsung dengan baik. Selain itu, kondisi terbaik untuk menanam pepaya adalah tempat yang memiliki suhu antara 22 hingga 26 derajat celcius dengan kelembaban disekitar angka 40%.

Untuk tanah sebaiknya menggunakan lahan dengan tanah yang subur, gembur dan ,mengandung banyak unsure hara dan juga mengandung air dan bisa meyebarkan air dengan baik. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam cara menanam pepaya adalah pemilihan bibit, persiapan media tanam, penanaman bibit, perawatan dan masa panen.

Pembibitan Tanaman

Bibit yang akan kita gunakan adalah bibit yang berasal dari biji buah pepaya yang telah masak dan juga berasal dari pohon pilihan yang sehat, bebas penyakit dan memiliki syarat-syarat tertentu. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih bibit tanaman pepaya berikut cara persiapannya.

  • Ambil bibit atau biji buah pepaya dari buah pepaya pilihan yang telah dipilih dan dipersiapkan, kemudian biji dicuci sampai kulit ari dalam biji terbuang dan keringkan ditempat yang teduh.
  • Setelah kering, bibit direndam dengan larutan POC NASA sebanyak 2cc/liter dengan masa waktu sekitar setengah jam. Lalu angkat dan tiriskan, kemudian ditaburi dengan Natural GLIO sebelum bibit tersebut nantinya disemai kedalam wadah polybag dengan ukuran 20 x 15 cm.
  • Siapkan media tanam untuk polybag dengan menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang masing-masing sebanyak 1 ember (1:1) yang ditambah dengan bahan lain seperti TSP dan Natural GLIO sebanyak kurang lebih 30 gram.
  • Masukan bibit pepaya kedalam media tanam didalam polybag. Setelah 12 hari, bibit nantinya akan mulai berkecambah dan setelah umur 40 hari, mulai siram bibit dengan air dan lakukan secara rutin setiap harinya selama 2 hingga 3 bulan hingga nantinya bibit ini akan dipindahkan ke media tanam lahan.

Lihat Bibit Pepaya California dan Harga

 

Persiapan Media Tanam/Lahan

Cara menanam pepaya selanjutnya adalah mempersiapkan lahan yang akan kita gunakan. Bersihkan lahan dari tanaman liar atau rumput-rumput dan juga kotoran. Setelah itu gemburkan tanahnya menggunakan cangkul atau alat lain, kemudian buat bedengan dengan ukuran lebar sebesar 200 hingga 250 cm dan tinggi sebesar 30 cm. Untuk ukuran panjang disesuaikan dengan ukuran lahan. Buat jarak antar bedengan sebesar 60 cm. Setelah siap, buat lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 40 centimeter dan jarak antar tanaman sekitar 2 m. Setelah itu keringkan tanah selama kurang lebih dua minggu dan tidak lupa berikan pupuk didalam tanah. Jika sudah lewat dua minggu , pindahkan bibit yang ada didalam polybag dan masukan kedalam lubang tanam.

Masa panen

Pepaya california

Pepaya california

Tanaman buah Pepaya sudah bisa dipanen setelah lewat masa waktu selama 9 sampai 12 bulan. Setelah lewat 12 bulan, buah sudah terlihat berubah dari warna hijau menjadi kekuningan dan sudah matang. Setelah buah pepaya dipanen, simpan buah dengan hati-hati karena buah pepaya cukup mudah rusak  dan busuk jika tidak disimpan dengan baik. Simpan pepaya ditempan yang sejuk atau ditempat penyimpanan khusus.

Lihat Bibit Tanaman Buah Lainnya

 

Bagikan ke:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek BCA akan di-SMS bersama total tagihan
No rek Mandiri akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BNI akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BRI akan di-SMS bersama total tagihan

Pengiriman

Temukan Kami di