GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Menanam Mangga dengan Benar Agar Berbuah Lebat

Friday, April 15th 2016.

Buah mangga termasuk buah yang menjadi favorit bagi banyak orang baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Tanaman buah mangga banyak terdapat di wilayah tropis seperti di Asia tenggara termasuk juga di Indonesia. Buah ini memiliki rasa yang manis saat telah matang. Bahkan buah yang masih muda juga sering dimakan dengan cara dibuat sebagai bahan rujak ataupun bahan makanan lainnya. Harga buah mangga tergolong murah dan terjangkau dan sudah banyak orang yang menanam dan membudidayakan buah mangga saat ini. Hal tersebut karena konsumsi dan permintaan dari buah mangga cukup tinggi dan banyak dimakan tanpa musim-musim tertentu. Hal tersebut membuat bisnis penjualan buah mangga cukup menjanjikan untuk anda tekuni.

Tanaman mangga sangat cocok ditanam diwilayah tropis seperti Indonesia. Cara menanam mangga juga tidaklah sulit dan bisa anda lakukan walaupun masih pemula dalam berkebun ataupun bercocok tanam. Kebanyakan cara menanam buah mangga dilakukan dengan cara pencangkokan ataupun juga dengan menggunakan bibit buah mangga yang memiliki kualitas baik dan tentunya terbebas dari potensi suatu penyakit agar memiliki hasil yang maksimal.

Buat kamu yang masih pemula, cara pencangkokan adalah cara yang lebih baik dengan hasil yang tentunya lebih cepat serta mudah. Buat anda yang ingin menanam tanaman mangga, disini kami akan memberikan info cara menanam mangga dengan benar agar berbuah lebat dengan metode cangkokan.

 

Cara Menanam Buah Mangga

cara menanam mangga

Ada beberapa tahapan dalam cara menanam mangga menggunakan tehnik cangkokan yaitu pertama-tama adalah menyiapkan bibit mangga cangkokan yang baik dan unggul, kemudian menyiapkan lahan tanam, proses penanaman dan juga perawatan agar buah maupun pohon mangga dapat tumbuh dengan subur dan sehat.

Persiapan Bibit Mangga Cangkokan

Pertama-tama hal yang harus kita persiapkan adalah memilih atau membuat bibit buah mangga cangkokan yang tepat dan unggul. Untuk bibit mangga cangkokan, anda bisa membuatnya sendiri jika anda sudah cukup ahli serta jika anda memang memiliki pohon mangga yang bagus dan baik. Namun anda juga bisa membeli bibit mangga tersebut di toko tanaman ataupun secara online. Pastikan ketika anda membeli ataupun membuat bibit buah mangga, tidak ada hama tanaman ataupun penyakit pada bibit tersebut sehingga nantinya tanaman buah mangga anda dapat tumbuh dengan baik dan mampu menghasilkan buah yang baik pula.

Lihat juga: Info Buah Mangga Manalagi dan Harga

Persiapan Lahan Tanam

Cara menanam mangga selanjutnya adalah mempersiapkan lahan tanam yang nantinya akan kita gunakan untuk menanam tanaman buah mangga. Kita bisa menggunakan lahan atau pekarangan rumah kita. Sebaiknya memilih lahan atau pekarangan yang sedikit jauh dari rumah karena nantinya bisa saja buah mangga jatuh keatap rumah atau mengenai orang yang ada dibawahnya. Hal-hal yang harus anda persiapkan antara lain adalah sebagai membuka lahan dengan membersihkan area lahan dari tanaman liar dan juga tanah sebaiknya digemburkan dengan menggunakan cangkul.

Setelah itu buat jarak antara satu pohon dengan yang lain dengan ukuran jarak sekitar 10 meter setiap pohonnya. Kemudian buat lubang dengan bentuk segiempat dan berukuran sekitar 50 cm sampai 1 meter pada setiap sisinya, tergantung dari ukuran bibit mangga cangkokan yang digunakan. Tambahkan pupuk kedalam lubang kemudian tutup dengan tanah sebanyak setengah meter, sehingga menyisakan setengah meter untuk nanti ditanami oleh bibit mangga.

Penanaman dan Perawatan

cara menanam buah mangga

Setelah dibuat lubang tanam, kini saatnya kita memasukan bibit buah mangga kedalam lubang yang telah sebelumnya diberi pupuk. Beri taburan furadan kedalam lubang kemudian keluarkan bibit tanaman mangga dari polybag atau wadah lain dengan hati-hati dan masukan kedalam lubang tanam. Tutup dengan tanah  dan kemudian siram dengan air pada waktu pagi dan sore hari sampai cukup besar. Nantinya anda hanya perlu menyiram sekali sehari atau tidak perlu disiram jika hari hujan.

Selanjutnya mengenai cara menanam mangga yang terakhir adalah perawatan. Hal ini penting agar tanaman mangga dapat selalu tumbuh dengan baik dan sehat. Lakukan selalu penyiangan dengan membersihkan tumbuhan liar ataupun tumbuhan yang menumpang hidup didahan pohon mangga. Kemudian juga lakukan penggemburan tanah sebulan sekali agar tanah tidak memadat dan dapat mengalirkan air dengan baik. Pastikan juga anda menjaga tanaman mangga dari hama dan juga penyakit tanaman yang berpotensi menyerang tanaman mangga.

 

Lihat juga:

Cara Menanam Kentang di Polybag

Info Tanaman Buah dan Harga

Bagikan ke:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek BCA akan di-SMS bersama total tagihan
No rek Mandiri akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BNI akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BRI akan di-SMS bersama total tagihan

Pengiriman

Temukan Kami di