GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Menanam Durian dengan Benar dan Berbuah Lebat

Sunday, March 13th 2016.

Durian merupakan salah satu tanaman buah yang banyak memiliki penggemar di Indonesia maupun Negara-negara lain. Durian merupakan buah yang banyak tumbuh diwilayah Asia Tenggara seperti thailand, Vietnam, Malaysia dan juga Indonesia. Tanaman buah ini dijuluki sebagai raja buah atau “king of fruit” karena ukurannya yang tergolong besar juga karena kandungan kadar vitamin yang cukup tinggi didalam buah durian. Durian saat ini telah memiliki cukup banyak varian atau jenis, dan salah satu yang paling terkenal adalah durian montong yang memang memiliki daging buah yang tebal dengan rasanya yang manis.

Cara menanam durian sendiri tidaklah sulit dan bisa anda lakukan dikebun ataupun disekitar rumah. Namun tentunya sebisa mungkin lingkungan untuk menanam buah durian agak menjauh dari pemukiman dan juga dari anak-anak serta terlindung dari hewan-hewan pemakan buah. Penggunaan bibit yan baik sangat penting, karena dengan bibit durian yang baik maka tanaman buah durian yang kita tanam akan lebih baik dalam menghasilkan buah dan juga lebih tahan terhadap penyakit.

Buat anda yang ingin mencoba atau ingin tahu cara menanam buah durian yang tepat, disini jualtanamanhias akan memberikan langkah-langkah mudah yang bisa anda lakukan agar durian yang anda tanam bisa memberikan hasil yang baik dan dapat tumbuh dengan subur.

Tips dan Cara Menanam Buah Durian

cara menanam Durian

Pemilihan Lokasi

Pemilihan lokasi yang tepat sangat penting untuk dilakukan dan bisa menentukan juga apakah tanaman buah durian yang akan kita tanam bisa maksimal atau tidak. Bagaimanakah lahan yang baik untuk menanam durian? Berikut ini syarat-syarat atau hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih lahan yang baik untuk buah durian.

  • Intensitas dari sinar matahari langsung antara 40-50%
  • Buah durian dapat tumbuh dengan baik dilingkungan tropis dengan ketinggian 50 hingga 1000 meter dari permukaan laut
  • Suhu yang baik untuk menanam durian antara 24-30 derajat celcius
  • pH tanah berada dikisaran 6 hingga 7
  • Curah hujan yang cukup dan bukan dilahan yang tandus
  • Jenis tanah yang baik adalah jenis latosol, podsolik serta andosol

Luas dari lahan juga harus diperhatikan. Sebaiknya jangan menanam tanaman buah durian terlalu dekat dan pastikan ada jarak beberapa meter antar tanaman. Luas lahan disesuaikan dengan jumlah bibit yang akan ditanam.

Memilih bibit durian

Tips dan cara menanam durian yang selanjutnya adalah memilih bibit durian dengan kualitas yang baik. Bibit yang baik tentunya akan bisa menghasilkan tanaman denga buah yang baik dan juga lebih berkualitas nantinya. Berikut ini adalah beberapa kriteria dalam memilih bibit yang baik.

  • Bibit durian sehat, bebas penyakit serta segar
  • Daun bibit durian berjumlah banyak
  • Bebas dari hama tanaman
  • Batang dari bibit tanaman durian kuat dan terdiri dari 2 atau 4 arah cabang

harga-bibit-buah durian

 

Menanam Durian

Setelah kita mendapatkan bibit buah durian yang baik dan sesuai dengan criteria, kini kita bisa lanjut ke proses penanaman. Hal pertama yang harus dilakukan atau dipersiapkan adalah menyiapkan lahan tanam untuk tempat kita menanam bibit durian. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan.

  • Pertama-tama bersihkan lahan yang akan digunakan dari tanaman liar dan gulma. Pastikan sinar matahari tidak terhalangi dan bisa masuk kelokasi lahan
  • Gemburkan lahan dengan cangkul dan diamkan selama kurang lebih tiga hari
  • Siapkan pupuk kandang sebagai penambah unsure hara didalam tanah. Kemudian tambahkan dan sebarkan kedalam tanah lalu diamkan lagi selama 1 minggu
  • Selanjutnya siapkan lubang tanam dengan jarak yang kurang lebih 8 x 8 meter agar tanaman tidak saling terganggu dan bisa mendapatkan nutrisi dengan sempurna. Hal ini juga agar tanaman tidak saling menutupi sinar matahari dan juga jika terjadi penyebaran hama atau penyakit tidak cepat menular
  • Diamkan kembali lubang tanam selama kurang lebih 1 minggu
  • Cara menanam durian yang baik dilakukan pada awal musim penghujan supaya tanaman yang masih baru bisa mendapatkan nutrisi dan suplai air yang memadai
  • Jika sudah satu minggu, masukan bibit tanaman durian kedalam lubang tanam pada bagian tengah lubang dan pastikan berdiri dengan tegak, lalu tutup dengan tanah yang dikeluarkan sebelumnya sampai batas pangkal bibit durian
  • Terakhir siram bibit tanaman durian setiap hari agar asupan airnya cukup

Lihat juga : Jenis Pestisida Tanaman

 

Panen Durian

Dengan menerapkan cara menanam durian diatas, diharapkan hasil yang kita dapatkan akan lebih maksimal dengan buah yang lebih banyak dan berkualitas tentunya. Masa panen dari durian sendiri bervariasi dari jenis buah durian dan juga tergantung dari bibit durian yang kita gunakan. Masa panen dari durian lokal umumnya pada usia sekitar 8 hingga 10 tahun masa tanam, sedangkan untuk jenis durian montong bisa kita panen dengan masa tanam sekitar 3 atau 4 tahun lamanya.

Berikut ini ciri-ciri dari durian yang sudah siap panen:

  • Ujung dari duri buah durian terlihat kecoklatan
  • Ruas tangkai besar
  • Buah memiliki aroma yang kuat
  • Jika buah dipukul akan menimbulkan suara gema

 

Itulah langkah atau cara menanam durian yang bisa kami sampaikan untuk anda terutama bagi anda yang memang ingin menanam atau ingin berkebun pohon durian.

Temukan Bibit Buah Durian Disini

Bagikan ke:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek BCA akan di-SMS bersama total tagihan
No rek Mandiri akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BNI akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BRI akan di-SMS bersama total tagihan

Pengiriman

Temukan Kami di