GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Menanam dan Merawat Bunga Melati Di Wadah Pot

Monday, April 11th 2016.

Bunga melati adalah salah satu tanaman yang memiliki tampilan dan warna yang sangat cantik dan memiliki penggemar tanaman hias yang sangat banyak yang ada diseluruh penjuru dunia. Tanaman ini memiliki varian jenis yang cukup banyak yang bisa kita pilih sesuai dengan kesukaan dan selera masing-masing. Bunga melati bisa ditanam dipekarangan, polybag maupun didalam pot. Tanaman ini termasuk mudah untuk ditanam dan juga untuk dirawat. Cara menanam bunga melati tidak jauh berbeda dengan menanam bunga jenis lainnya seperti mawar atau anggrek. Yang diperlukan hanyalah kesabaran dan ketelatenan dalam merawat bunga melati.

Selain memiliki warna dan tampilan yang cantik, bunga ini juga memiliki aroma yang harum, sehingga bisa menjadi pengharum ruangan atau pekarangan yang alami yang bisa menenangkan pikiran kita. Kali ini kami akan memberikan tips dan langkah-langkah cara menanam tanaman bunga melati dan juga merawatnya didalam wadah pot. Dengan menanam didalam wadah pot, anda bisa menanam walaupun tidak memiliki lahan tanah dan juga bisa memindahkan bunga tersebut kemana saja tempat yang anda suka. Anda bisa menempatkannya atau menaruhnya didalam rumah maupun diluar rumah. Jika anda menaruh didalam rumah, pastikan melati anda tepat mendapatkan cahaya atau sempatkan untuk diberikan sinar matahari selama beberapa jam dluar ruangan untuk kemudian dimasukan kembali kedalam.

 

Cara Menanam Bunga Melati Didalam Pot

melati

Berikut ini adalah cara menanam bunga melati dan juga merawat dengan mudah didalam pot bunga yang bisa anda ikuti.

Bahan-bahan:

  • Wadah pot (ukuran kecil atau sedang)
  • Bibit/Tanaman Bunga Melati
  • Pecahan genteng/bata merah, pasir, dan tanah
  • pupuk organik
  • air secukupnya

Langkah-langkah menanam bunga melati Didalam Pot:

  • Siapkan wadah tanam berupa pot, kemudian masukan pecahan genteng atau bata merah sebagai dasar wadah pot. Kemudian tempatkan media tanam diatasnya yang berupa campuran pasir + pupuk + tanah dengan perbandingan rasio 1 : 1 : 1.
  • Isi pot dengan media tanam tadi hingga sepertiga dari bagian pot. Pastikan pot yang digunakan adalah pot yang memiliki lubang dibagian bawah denga ukuran yang tidak terlampau besar.
  • Tempatkan bibit bunga melati/tanaman bunga melati kedalam pot kemudian tambahkan sedikit media tanam Siram secukupnya.
  • Untuk bibit bunga melati, tempatkan pot ditempat yang teduh pada awal-awal penanaman sampai bibit bunga melati tumbuh dan mengeluarkan daun.

 

Lihat Info Tanaman Bunga Melati dan Harga

Perawatan Bunga Melati Didalam Pot

Cara menanam bunga melati cukup mudah dan perawatannya juga terbilang mudah. Setelah berumur sekitar sebulan sejak ditanam, Sering muncul gulma atau tanaman liar yang tumbuh didalam pot. Bersihkan secara berkala setiap bulan atau saat ada gulma dan tanaman liar lainnya yang tumbuh didalam pot. Penyiraman harus dilakukan secara berkala setiap harinya, bisa pada waktu pagi hari ataupun diwaktu sore hari. Pemberian pupuk jua ditambahkan secara berkala, biasanya setiap sebulan sekali atau bisa juga dua bulan sekali jika ukuran wadah tanam cukup besar. Pupuk yang digunakan bisa pupuk organic atau juga pupuk kompos.

Biasanya bunga melati tumbuh secara menjalar terkecuali untuk beberapa jenis tertentu. Maka dari itu, pemangkasan juga harus secara berkala dilakukan agar pertumbuhan tanaman melati tidak berlebihan dajuga pangkas bagian yang terlihat mongering agar bunga melati bisa keluar dan tumbuh dengan lebih baik.

 

Demikian tutorial mengenai cara menanam bunga melati yang bisa kami sampaikan untuk anda semua pecinta tanaman hias bunga melati. Semoga bermanfaat terutama bagi anda yang memang ingin menanam tanaman hias bunga melati dirumah.

 

Lihat juga:

Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana

7 Tanaman Tahan Panas Matahari

 

Bagikan ke:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek BCA akan di-SMS bersama total tagihan
No rek Mandiri akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BNI akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BRI akan di-SMS bersama total tagihan

Pengiriman

Temukan Kami di