GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Menanam Buah Naga di Pot hingga Subur dan Berbuah Lebat

Saturday, February 13th 2016.

Buah naga sudah dikenal memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit. Khasiat dari buah yang satu ini sangat ampuh dan sudah terbukti sehingga banyak orang yang saat inimembudidayakan tanaman ini secara missal. Harga dari buah naga saat ini memang masih tergolong tinggi sehingga banyak yang mulai menanamnya untuk keperluan sendiri atau untuk dijual kembali.

Buat anda yang saat ini ingin menanam buah naga secara gratis dipekarangan sendiri namun terkendala dengan tempat, anda bisa menanam buah naga ini didalam pot dengan mudah. Selain anda bisa mendapatkan buah naga secara gratis dan bisa diambil kapan saja, rumah anda juga akan terlihat lebih indah karena warna dari tanaman tersebut. Cara menanam buah naga didalam pot sangat mudah. Dengan menyimpan didalam pot, anda tidak perlu khawatir akan tempat yang terbatas dan juga anda bisa memindahkan tanaman buah naga dengan mudah dan menaruhnya sesuai dengan keinginan.

 

Berikut ini cara menanam buah naga didalam pot

1. Menyiapkan Pot yang Kuat

Mengenai cara menanam buah naga di pot agar subur dan berbuah, pertama-tama tentunya harus ada pot yang sudah anda siapkan. Untuk jenis pot yang digunakan , bisa menggunakan pot dengan bahan dari plastik, semen, tanah liat ataupun dari wadah drum bekas. Pastikan pot yang anda gunakan cukup besar, kuat dan tidak mudah pecah. Pot yang digunakan sebaiknya berukuran sekitar 40-50 cm.

Kami sendiri menyarankan untuk menggunakan pot dengan bahan tanah liat dikarenakan tanaman ini membutuhkan perubahan akan suhu yang cepat pada waktu siang dan malam hari untuk mempercepat proses pembungaan dan agar proses tersebut berjalan dengan baik.

 

2. Menyiapkan Media Tanam

Untuk media tanam yang dipersiapkan antara lain adalah tanah, pasir, pupuk kandang dan juga kompos yang menggunakan campuran perbandingan 1:2:3:1. Setelah itu media tanam disiram dengan air bersih sampai kondisi jenuh dan media tanam tersebut didiamkan selama sehari semalam di udara terbuka.

 

3. Siapkan Tiang/Tongkat Pendek

Selanjutnya dari cara menanam buah naga yang dibutuhkan adalah tiang atau tongkat pendek yang akan digunakan untuk menopang tanaman buah naga agar tidak roboh. Tiang atau tongkat ini akan diikat ke akar dan cabang yang memproduksi buah naga. Cabang-cabang tersebut cukup berat sehingga penggunaan tiang atau tongkat sangat dibutuhkan disini. Untuk tongkat/tiang yang digunakan sebaiknya yang kuat dan tahan lama namun tidak terlalu berat agar tanaman tidak roboh.

Yang terbaik adalah menggunakan balok kayu atau tiang dari besi beton yang kecil. Untuk tiang besi pada bagian yang terpendam tanah sebaiknya dilapisi aspal agar tidak mudah karatan. Setelah itu cabang tanaman diikat ke tiang penyangga menggunakan tali atau pengikat lain. Pastikan selalu terikat kuat supaya tidak rubuh setelah beberapa lama. Jika nanti tanaman buah naga sudah besar, anda bisa menggunakan tiang penyangga yang berbentuk seperti jemuran.

tiang buah naga

 

4. Penanaman Bibit

Untuk bibit tanaman buah naga sebaiknya dipilih yang berukuran besar yang berasal dari batang tua dan bebas dari penyakit, dengan panjang ukuran bibit idealnya minimal 30-35 cm (sedikit lebih pendek dari tiang penyangga). Kemudian bibit ditanam dengan kedalaman 10 cm didalam media tanam yang telah dibuat dan didiamkan selama sehari semalam. Setelah ditanam dan dipasang tiang/tongkat penyangga, media tanam yang berisi bibit kemudian disiram dengan air dan ditaruh ditempat terbuka tanpa terkena sinar matahari langsung. Anda bisa menaruhnya dipekarangan atau halaman rumah.

cara menanam buah naga

 

5. Pemeliharaan dan Perawatan

Langkah selanjutnya dari cara menanam buah naga adalah pemeliharaan dan perawatan dari tanaman buah naga itu sendiri. Untuk pemeliharaan tanaman ini hampir sama dengan saat ditanam dikebun atau ditanah. Diantaranya yaitu melakukan penyiraman secara berkala, pemupukan, dan memotong cabang liar dan cabang yang tidak diperlukan. Selalu pastikan agar tanaman menempel dengan tiang dan ikatan tidak terlalu kencang karena bisa merusak cabang dari tanaman tersebut.

 

6. Masa Panen

Masa panen dari buah naga biasanya butuh waktu selama 10 hingga 12 bulan tergantung juga dari besar bibit yang digunakan. Jika bibit yang digunakan memiliki ukuran kecil maka bisa lebih lama lagi dari waktu tersebut. Maka dari itu sangat disarankan untuk menggunakan bibit dengan ukuran tersebar dan terbaik.

 

Tips agar tunas buah naga tumbuh dengan cepat.

Supaya bibit/tunas dari tanaman buah naga lebih cepat tumbuh, maka penggunakan pupuk sangat disarankan. Anda bisa menggunakan pupuk organik maupun pupuk kemasan. Untuk pupuk organic sebaiknya menggunakan pupuk dari kotoran ayam. Namun jika anda menggunakan pupuk kemasan, pilihlah pupuk yang mengandung unsure N yang lebih tinggi dari unsure K dan P.

 

Tips agar tanaman buah naga cepat berbuah.

Supaya tanaman buah naga cepat berbuah, anda bisa menggunakan pupuk organik/kandang dari kotoran kambing. Anda juga bisa menggunakan pupuk kemasan dengan syarat unsur P dari pupuk lebih tinggi dari unsure N. Pemberian pupuk ini dilakukan setelah tanaman buah naga sudah besar.

Itulah langkah-langkah dan cara menanam buah naga agar dapat tumbuh subur dan berbuah banyak baik itu di pot maupun di kebun.

Bagikan ke:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek BCA akan di-SMS bersama total tagihan
No rek Mandiri akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BNI akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BRI akan di-SMS bersama total tagihan

Pengiriman

Temukan Kami di