GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana Dari Kotoran Ternak dan Sampah Organik

Friday, April 8th 2016.

Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana – Pupuk merupakan salah satu unsur yang penting dalam kegiatan bercocok tanam yang berfungsi sebagai penyubur tanah agar tanaman dapat tumbuh dengan lebih baik dan subur serta lebih sehat. Secara umum terdapat dua jenis pupuk yaitu pupuk alami seperti pupuk kompos dan pupuk kimia atau pupuk buatan.

Pupuk kompos merupakan kebalikan dari pupuk kimia yang menggunakan bahan-bahan kimia atau bahan buatan. Pupuk kompos merupakan pupuk yang lebih alami karena menggunakan bahan-bahan organik seperti kotoran hewan, sampah organik dan bahan-bahan lainnya. Cara membuat pupuk organik juga tidaklah begitu sulit dan rumit, selain itu jauh lebih hemat dari segi biaya dan juga mempunyai lebih banyak manfaat bagi kita dan juga lingkungan.

Pupuk kompos sendiri merupakan pemgembangan atau penyempurnaan dari pupuk kandang. Jadi bisa dibilang pupuk kandang dan pupuk kompos merupakan dua jenis pupuk yang sedikit berbeda. Pupuk kompos sedikit lebih baik dan lebih mudah diserap oleh tanaman. Didalam pupuk kandang memang sudah terdapat berbagai macam unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman seperti kalium, fosfor dan nitrogen. Akan tetapi sebagian besar unsur hara didalam pupuk kandang tidak bisa diserap secara maksimal sehingga kemudian pupuk kandang dikembangkan menjadi pupuk kompos yang membuat unsur tersebut lebih mudah diserap dengan cepat oleh tumbuhan.

Pupuk kompos memang sangat penting namun banyak juga petani atau pembudidaya tanaman yang kurang mengetahui cara membuat pupuk kompos yang benar dan tepat. Berikut ini kami berikan tips dan langkah-langkah cara membuat pupuk kompos sederhana yang bisa anda lakukan dirumah.

Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana

cara-membuat-pupuk-kompos

Cara membuat pupuk jenis kompos tidaklah begitu sulit dan bisa anda lakukan dirumah. Sebelumnya anda harus menyiapkan bahan-bahan serta peralatan yang diperlukan untuk membuat pupuk tersebut.

Bahan:

  • 300 kg kotoran ternak kering, sampah organik yang bisa ditambah dengan daun-daunan
  • 50 % air sumur bebas chlorine
  • 15 % abu dapur
  • 10 % air kencing/seni dari hewan ternak
  • 10 % kapur mati
  • 5 % dedak kasar
  • Bakteri pengompos yang bisa kita gunakan dari isi rumen sapi atau dari sumber lainnya

 

Peralatan:

  • Sekop, Cangkul dan Cengkek
  • Plastik Transparan
  • Ember plastik

 

Langkah-langkah membuat pupuk kompos:

  1. Kumpulkan kotoran ternak dan sampah organik didalam satu tempat hingga terbentuk gundukan dengan tingi kurang lebih 20 cm atau lebih. Kemudian taburkan bahan-bahan lain diatasnya seperti dedak kasar, kapur dan abu dapur.
  2. Siram gundukan kotoran dan sampah organik dengan air dan juga air kencing ternak yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  3. Setelah itu tambahkan dengan bakteri dari rumen sapi. Tumpuk kembali bagian atas dengan kotoran ternak dan sampah organik dan dilakukan berulang dari tahap 1 sampai 3 sambil diaduk mengunakan cangkul seperti membuat adukan semen.
  4. Setelah bahan-bahan diaduk dengan cangkul dan tercampur rata, selanjutnya tutup dengan plastik yang transparan untuk menghindari air hujan maupun sinar matahari. Diamkan selama kurang lebih satu minggu.
  5. Setelah didiamkan selama satu minggu, pindahkan gundukan ketempat atau lokasi sebelahnya dengan cara disisir menggunakan cangkul atau alat lain. Kemudian tambahkan kembali air dan juga air kencing ternak dengan jumlah yang sama seperti diawal sampai memcapai kelembaban sekitar 60%. Diamkan selama seminggu.
  6. Setelah menunggu selama satu minggu, sekarang pupuk kompos telah bisa dan siap untuk kita gunakan.

 

Itulah cara membuat pupuk kompos sederhana dengan tepat dan mudah yang bisa anda lakukan ditempat anda sendiri. Dengan membuat pupuk kompos sendiri, anda bisa lebih menghemat pengeluaran dan juga bahan-bahannya dapat dengan mudah anda dapatkan. Lihat juga artikel lainya mengenai tanaman hias dan tips berkebun di jualtanamanhias.net.

Lihat juga:

Cara Menanam Tomat dengan Mudah di Pot atau Polybag 

Bagikan ke:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek BCA akan di-SMS bersama total tagihan
No rek Mandiri akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BNI akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BRI akan di-SMS bersama total tagihan

Pengiriman

Temukan Kami di