GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Membuat Aquascape Sederhana Yang Mudah dan Murah

Monday, March 7th 2016.

Saat ini sudah cukup banyak orang yang menyukai atau memiliki hobi membuat taman hias di akuarium atau disebut juga dengan aquascape. Aquascape sendiri adalah hiasan yang dilakukan didalam akuarium agar terlihat indah dan menarik untuk dilihat. Kebanyakan orang menilai kalau membuat akuarium aquascape itu sulit dan membutuhkan banyak biaya, namun anda sebenarnya juga bisa membuat akuarium hias dengan biaya yang rendah. Cara membuat aquascape juga tidaklah terlampau sulit. Jika anda penasaran atau ingin tahu bagaimana membuat akurium taman air yang bagus, disini kami akan memberikan tips dan juga cara membuat aquascape sederhana dengan mudah dan juga murah.

Asal Mula Aquascape

Akuarium hias atau aquascape sendiri adalah cara menghias yang dilakukan sejak lama dan berasal dari negeri Jepang. Kegiatan ini sudah dikenal sejak tahun 1990-an. Hobi ini akhirnya mulai menyebar ke berbagai Negara didunia termasuk juga di Indonesia. Saat ini bahkan sudah banyak perlombaan dan juga event dengan munculnya banyak tokoh yang terkenal dibidang ini. Hasil aquascape yang dibuat memiliki tema yang bermacam-macam dan sangat indah untuk dilihat. Kebanyakan mengambil tema pemandangan alam yang secara luar biasa seperti dipindahkan ke dalam akuarium.

Contoh Aquascape:

aquascape

 

aquascape1

Untuk membuat aquascape diatas memang membutuhkan skill dan biaya yang tidak sedikit. Namun kita tetap bisa membuat aquascape yang sederhana dengan mudah dan harga yang murah. Berikut ini langkah-langkah mengenai cara membuat aquascape sederhana dan bisa anda lakukan dirumah.

 

 

Cara Membuat Aquascape dengan Mudah

Sebelum membuat aquascape, ada beberapa komponen yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut ini apa-apa saja yang harus kita persiapkan.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan:

  • Aquarium
  • Pupuk dasar
  • Pasir
  • Bebatuan
  • Tanaman air
  • Filter/penyaring air
  • Lampu
  • Diffuser CO2

Langkah-langkah:

Menyiapkan Dasar Dari Akuarium

cara membuat aquascape 1

Cara membuat aquascape yang pertama adalah kita harus menyiapkan akuarium yang nantinya kita akan dasari dengan pasir. Pasir yang digunakan sebagai dasar biasanya adalah pasir silica yang mempunyai ukuran sekitar 4 hingga 5 mm. Masukan dan ratakan pasir didalam akuarium dengan ketebalan antara 2 hingga 3 cm.

Pada bagian tengah , anda bisa memasukan sedikit karbon aktif yang nantinya akan berfungsi sebagai penyerap zat yang berbahaya yang ada pada pasir saat kita masukan air.  Usahakan bagian samping yang menempel dengan kaca sedikit lebih tinggi daripada bagian tengah karena nantinya kita akan memasukan pupuk. Hal tersebut dilakukan agar pupuk tidak terlalu terlihat dari samping.

Menambahkan Pupuk

Setelah kita mendasari akuarium dengan pasir, sekarang masukan pupuk dibagian atas pasir secara merata terutama dibagian tengah. Pupuk ini berfungsi sebagai nutrisi bagi tanaman air yang akan kita masukan nantinya. Pupuk tersebut lebih ditujukan untuk tanaman yang memiliki akar dan ditanam dipasir. Gunakanlah pupuk yang berkualitas agar tanaman lebih kuat dan tahan lama.

Tutup Kembali Dengan Pasir dan Mulai Dekorasi

cara membuat aquascape 2

Setelah pupuk dimasukan dan sudah diratakan disemua area akuarium, sekarang masukan lagi pasir sebagai layer atau lapisan penutup untuk menutupi pupuk. Pasir yang digunakan bisa pasir silica atau pasir jenis lainnya. Setelah ditutup dengan pasir secara merata, anda bisa mulai melakukan dekorasi untuk dasar akuarium menggunakan batu atau kayu yang tidak mudah berlumut.

Sebaiknya hindari dekorasi yang menggunakan bahan besi karena dapat berkarat dan bisa meracuni air. Untuk dekorasi sendiri bisa anda sesuaikan dengan keinginan. Jika ingin akuarium aquascape anda lebih terlihat memiliki efek dept, bisa membuat pasir yang ada dibagian belakang lebih tinggi daripada dibagian depan akuarium.

Isi Akuarium Dengan Air

Setelah selesai menutup pupuk dengan pasir dan juga mendekorasi, cara membuat aquascape selanjutnya adalah mengisi akuarium dengan air. Tahap ini bisa dibilang cukup mudah namun ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat mengisi air karena bisa berdampak pada kesehatan tanaman dan juga ikan, serta jika sembarangan bisa merusak pasir yang sudah kita tata dengan rapi.

Cara memasukan atau menuangkan air yang paling efektif dan tepat adalah dengan cara menggunakan kertas atau Koran agar air tidak terkena langsung dengan pasir. Taruh Koran diatas seluruh permukaan pasir dan tuang diatasnya secara perlahan. Anda juga bisa menuangkan air diatas kayu atau batu secara perlahan-lahan. Yang pasti jangan sampai pasir menjadi berantakan dan juga pupuk menjadi bercampur dengan air.

Menanam tanaman Air Aquascape

Cara membuat aquascape yang terakhir adalah menaman tanaman hias air yang sudah kita pilih dan disiapkan sebelumnya. Tahapan ini sebenarnya bisa dilakukan sebelum diisi air atau setelah diisi air. Namun saya pribadi lebih suka mengisi air terlebih dahulu karena dikhawatirkan jika menanam tanaman hias terlebih dahulu, maka tanaman bisa rusak atau copot saat diisi oleh air.

Untuk memasukan dan menanam tanaman hias air, anda bisa menggunakan tangan atau pinset kecil untuk memasukan tanaman kedalam pasir. Setelah semua tanaman dimasukan, jangan langsung ditambahkan biota hidup sperti ikan atau udang karena didalam akuarium masih terlampau banyak zat ammonia yang berbahaya bagi hewan-hewan tersebut. Tunggu  hingga 1 sampai 2 minggu sebelum menambahkan ikan dan mahluk hidup lainnya. Masukan juga filter dan lampu serta aksesoris lainnya seperti diffuser Co2 dan lain-lain. Lampu dan juga diffuser sangat diperlukan untuk proses fotosistensis dari tanaman.

 

Perawatan Akuarium Aquascape

aquascaping-desain-dunia-akuarium-yang-mengagumkan-10

Perawatan pasca pembuatan sangat penting agar tanaman dan seluruh ekosistem didalam akuarium dapat bertahan dan tetap terlihat bagus. Di minggu pertama setelah pembuatan, ganti air sebanyak 30% yang ada didalam akuarium setiap hari selama seminggu. Tujuannya untuk membuang zat berbahaya seperti ammonia dan zat lain yang berasal dari komponen. Di minggu kedua, ganti air sebanyak 30% yang ada didalam akuarium setiap 3 hari sekali. Untuk minggu ketiga dan selanjutnya, anda cukup mengganti air cukup seminggu sekali.

Lihat Juga:

Daftar Tanaman Hias Aquascape dan Harga

Jenis Tanaman Air Untuk Taman dan Kolam

 

Bagikan ke:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek BCA akan di-SMS bersama total tagihan
No rek Mandiri akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BNI akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BRI akan di-SMS bersama total tagihan

Pengiriman

Temukan Kami di