GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

5 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Alami Terbaik dan Mudah Ditanam

Tuesday, February 23rd 2016.

Dimusim hujan seperti ini, biasanya gangguan nyamuk akan semakin menjadi-jadi karena jumlahnya yang semakin besar diakibatkan lingkungan dan juga musim yang mendukung, tentunya hal tersebut dapat mengganggu aktivitas keseharian kita. Tidak hanya itu, nyamuk juga bisa mengakibatkan terjadinya beberapa penyakit yang berbahaya bagi kesehatan kita seperti malaria, penyakit demam berdarah dengue, dan juga ada penyakit berbahaya lainnya yang disebabkan dan disebarkan oleh nyamuk. Tentunya penanggulangan terhadap nyamuk sangat penting dan harus dilakukan agar lingkungan sekitar kita menjadi sehat dan juga nyaman ditinggali.

Terdapat berbagai macam cara untuk mengusir atau membasmi nyamuk. Kita bisa menggunakan obat anti nyamuk yang dibuat dalam berbagai jenis dan bentuk, namun obat anti nyamuk yang hampir semuanya menggunakan bahan kimia berbahaya tentun saja juga berpotensi buruk untuk kesehatan kita dan keluarga. Salah satu cara yang juga efektif, aman dan murah untuk mengusir nyamuk adalah dengan menanam tanaman pengusir nyamuk yang secara alami dapat mengusir nyamuk agar menjauh dari rumah kita. Buat anda yang ingin agar keluarga selalu terlindungi dari nyamuk, disini kami akan membahas jenis tanaman pengusir nyamuk alami yang bisa kamu tanam di halaman atau dalam rumah.

 

Tanaman Pengusir Nyamuk Alami dan Murah

Terdapat cukup banyak tanaman hias atau tanaman jenis lain yang memiliki manfaat dan kelebihan sebagai tanaman yang bisa mengusir nyamuk secara alami. Tanaman-tanaman yang ada didalam daftar ini bahkan sudah dimanfaatkan dan digunakan sejak jaman nenek moyang kita. Cara penggunaan dari tanaman tersebut biasanya cukup ditanam disekitar lingkungan tempat tinggal atau digosok kebagian tubuh.

Berikut ini beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk yang alami dan mudah untuk didapat dan ditanam dipekarangan rumah kita.

Lavender
Lavender-jenis tanaman pengusir nyamuk alami

Lavender

Tanaman lavender sudah sangat dikenal atau setidaknya pasti sudah sering anda dengar atau tidak asing bagi anda. Tanaman ini bahkan menjadi bahan utama untuk mengusir nyamuk bagi beberapa produk lotion anti nyamuk saat ini. Lavender memang sudah terbukti dengan berbagai percobaan sebagai tanaman alami pengusir nyamuk yang sangat efektif. Bunga yang berasal dan tumbuh di penggunungan Alpen Swiss ini memiliki kandungan senyawa yang tidak disukai nyamuk yaitu linalool dan lynalyl yang mengeluarkan aroma yang dibenci oleh nyamuk.

Perawatan dan penanaman tanaman ini juga tidak terlampau sulit, Asalkan ditanam pada kondisi suhu dan juga lingkungan yang mendukung pertumbuhan dari tanaman tersebut. Untuk penggunaan, anda cukup menanam sekitar lingkungan rumah atau bisa juga daunnya digosokan kebagian tubuh yang ingin dilindungi oleh nyamuk. Tanaman lavender juga bisa digunakan sebagai tanaman hias dirumah anda karena bunganya yang juga terlihat cantik dan bagus.

Rosemary

Rosemary

Selanjutnya ada tanaman yang bernama Rosemary yang juga memiliki manfaat untuk mengusir nyamuk. Seperti juga dengan lavender, tanaman ini mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh kebanyakan nyamuk sehingga mereka akan menjauhi tanaman ini. Aroma dari Rosemary mirip seperti minyak kayu putih atau minyak telon dan juga digunakan sebagai bahan untuk obat anti nyamuk oles.

Untuk menanam tanaman ini cukup mudah dan bisa anda tanam didalam wadah seperti pot atau wadah lain. Yang pasti, tanaman ini harus mendapatkan air dan juga sinar dari matahari yang cukup agar bisa tumbuh dengan baik.

Geranium
tanaman Geranium

Geranium

Geranium bisa ditanam sebagai tanaman hias sekaligus sebagai tumbuhan pengusir nyamuk alami dirumah kita. Tumbuhan yang juga dikenal dengan naman tapak dara ini dipercaya dan terbukti bisa mengusir nyamuk dikarenakan adanya senyawa yang bernama sitronelol dan geraniol yang tidak disukai oleh nyamuk.

Tanaman Geranium juga berbau harum dan juga memiliki bunga yang indah. Tentunya taman atau pekarangan rumah kita akan terlihat lebih indah dan tanpa diganggu oleh kehadiran nyamuk.

Citrosa Mosquito

Citrosa Mosquito

Tanaman Citrosa Mousquito memang sudah dikenal sebagai salah satu tanaman anti nyamuk yang terbaik. Tanaman ini biasanya ditaruh didalam pot atau ditanam di tanah. Aroma yang dikeluarkan mirip seperti aroma lemon yang mampu mengusir nyamuk dan juga beberapa serangga lainnya.

Perawatan dan pembudidayaannya juga sangat mudah, cukup dengan air, pupuk dan juga sinar matahari yang cukup. Sayangnya tanaman ini masih jarang di Indonesia namun anda bisa menemukannya di beberapa toko tanaman hias besar.

Lidah Buaya
lidah buaya

Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memang dikenal memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Selain itu ternyata lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai obat gatal akibat dari gigitan nyamuk atau serangga. Oleskan lidah buaya kebagian kulit yang gatal atau bengkak secara merata.

Lihat Info Lidah Buaya dan Harga

Itulah kelima jenis tanaman pengusir nyamuk alami yang terbaik dan mudah untuk ditanam dipekarangan. Tanaman-tanaman diatas sebaiknya anda miliki dan tanam disekitar lingkungan rumah anda untuk melindungi keluarga tercinta secara lebih alami dan sehat.

Bagikan ke:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Produk terbaru

Rekening Bank

No rek BCA akan di-SMS bersama total tagihan
No rek Mandiri akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BNI akan di-SMS bersama total tagihan
No rek BRI akan di-SMS bersama total tagihan

Pengiriman

Temukan Kami di